PROPOSAL
MEMBUKA USAHA KECIL
USAHA MEMBUAT KRIPIK BAYAM
A.
LATAR
BELAKANG
Di zaman era globalisasi ini banyak hal – hal yang instan, tidak
terkecuali makanan . Hal inilah yang cenderung menurunkan kualitas makanan .
banyaknya makanan – makanan instan menyebabkan beberapa makanan tradisional
sering terabaikan dan menurun jumlahnya di pasaran, sehingga menyebabkan para
pembuat makanan tradisional merugi.
Adanya
persaingan yang cukup ketat dalam pasar makanan tidak menyurutkan langkah saya
untuk mencoba memproduksi suatu makanan tradisional yang tidak kalah menarik
dengan makanan instan ,dan tentunya mampu bersaing dalam pasar makanan ,
“kripik bayam” jenis usaha yang akan saya jalankan ini akan di
modifikasi dari bentuk maupun rasa sehingga mampu menghasilkan makanan yang
berkualitas dan menarik. Adapun makanan ini saya beri nama “KRIPIK BAYAM CITRA RASA”.
B.
VISI USAHA
Memperkenalkan dan mempertahankan kualitas produk makanan Indonesia “kripik bayam” yang mampu menjadi makanan yang berkualitas, menarik dan
diterima oleh kalangan masyarakat sebagai makanan cepat saji atau cemilan.
C.
MISI USAHA
Adapun misi yang saya terapkan adalah :
- Memperkenalkan produk pada masyarakat luas
- Memberikan kepuasan pada pelanggan
- Memanfaatkan bahan baku utama ,bayam sehingga menjadi makanan yang berkualitas
- Mencari keuntungan dari modal yang kecil
- Selain ingin mendapatkan keuntungan saya ingin mendapatkan berkah dalam usaha ini. Di balik ”berbisnis juga beramal”.
D.
ANALISA
PELUANG USAHA
Semua proses produksi telah dilakukan, dari mulai pemilihan bayam yang
baik sampai kepada packing, kemudian yang akan saya lakukan yaitu mencari
peluang usaha. Dalam memulai usaha apapun, maka yang harus diketahui adalah
peluang pasar yang dapat menerima produk saya ini. Peluang usaha sudah
merupakan kunci penting dalam proses pemasaran karena pemasaran akan berjalan
dengan lancar apabila sudah mendapatkan peluang usaha yang kita inginkan.
Sistem pemasaran saya akan mampu menganalisa keunggulan dan kelemahan
pesaing saya dan sejauh mana kemampuan saya untuk bersaing dengan mereka dalam
segala aspek, baik itu dari sisi harga, pelayanan maupun kualitas yang saya
berikan kepada para konsumen. Saya akan mensurvei dan meneliti pesaing -
pesaing saya bagaimana caranya membuat keripik bayam ini agar berbeda dengan
keripik bayamlainnya yang sudah beredar di pasaran. Bukan hanya rasanya saja
yang berbeda namun saya akan membuat keripik bayam ini berbeda dari segi
packing, dan cara pemasarannya juga, yang pasti akan lebih unik dari pada yang
lainnya, dengan seperti itu para konsumen tidak akan mengalami yang namanya
kejenuhan dalam mengkonsumsi makanan ini.
Saya akan menjual keripik bayam ini di tempat yang cukup ramai, yang
banyak dikenal dan dilalui banyak orang, dengan seperti itu maka keripik saya
ini akan lebih cepat dikenal banyak lapisan masyarakat.
Apabila kita lihat dari analisa sistem SWOT seperti hal berikut :
SWOT
Strengths (Kekuatan)
Ø
Harga keripik bayam ini cukup terjangkau oleh
kalangan masyarakat.
Ø
Kualitas dari keripik bayam ini sangat terjamin,
karena dalam proses pembuatannya diutamakan kebersihan dan untuk kesehatan.
Ø
Keripik bayam ini mempunyai rasa yang gurih dan
enak.
Ø
Rasa yang bervariasi memancing minat pembeli.
Ø
Keripik bayam dapat menjadi salah satu
alternanif makanan ringan yang praktis, dan hemat.
Weakness (Kelemahan)
Ø Bayam
masih dipandang sebelah mata dan tidak banyak orang yang mengenal sehingga diperlukan
promosi- promosi.
Ø Minimnya
modal untuk tenaga kerja sehingga ,sehingga bahan yang di produksi kurang
banyak.
Ø Bahan
baku keripik bayam yang mudah rusak.
Ø Keripik bayam akan mudah rusak jika penyimpanan yang dilakukan sembarangan atau
ditumpuk.
Opportunity
(Peluang)
Ø
Kondisi masyarakat
yang semakin konsumtif sehingga mempermudah saya untuk memasarkan produk.
Ø
Permintaan pasar yang
semakin meningkat.
Ø
Banayk diminati setiap
orang dari mulai anak-anak, dewasa, maupun orang tua.
Threats (Ancaman)
Ø
Jumlah kompetitor yang
terus meningkat.
Ø
Munculnya produk baru
yang lebih unggul.
Ø
Kenaikan harga bahan baku karena jumlahnya
semakin terbatas.
Jenis usaha yang saya jalankan ini termasuk usaha rumahan,yang mampu
bersaing dengan usaha snack modern,karena usaha saya ini telah saya modifikasi
dari tampilan maupun rasa.
- Cara pembuatan secara garis besar:
- Petik bayam
- cuci bayam dengan air bersi
- tiriskan bayam lalu
- Panaskan minyak yang cukup banyak
- Goreng bayam hingga kering dan matang
- Angkat dan tiriskan
1.Penilaian
Terhadap Pasar
- Pelanggan
Dalam hal ini konsumen terdiri dari berbagai tingkat kalangan ekonomi
baik dari tingkat bawah, menengah dan atas. Karena makanan ringan merupakan
makanan yang banyak diminati orang dan dalam hal harga dapat dijangkau semua
kalangan.
- Jumlah Produk yang di Jual
Dalam jumlah produk yang dijual, saya memprediksi jumlah produk yang
terjual 70 bungkus/hari.
- Anak-anak 35%
- Remaja 30%
- Ibu-ibu 20%
- Bapak-bapak 15%
- Proyeksi Masa Depan dan Pesaing
Dalam hal proyeksi masa depan dan pesaing ada kekuatan dan kelemahan bagi
saya maupun pesaing.
E.
MARKETING MIX (BAURAN PEMASARAN)
Dilihat dari promosi makanan
yang cepat laku adalah pada tempat ramai seperti pasar, sekolah, kampus,
kantor, itu adalah tempat yang paling strategis untuk mempromosikan barang
dagangan. Berikut ini adalah beberapa cara promosi makanan yang akan
saya lakukan :
- Pertama adalah lewat brosur, cara ini cukup efektif untuk memperkenalkan makanan yang saya jual, biasanya makanan sampai di konsumen melalui pesan antar atau sering disebut delivery.
- Melakukan penjualan langsung, cara ini lumayan efektif karena langsung bertemu dengan pembelinya dan bisa langsung promosikan makanan yang di jual.
- Melalui internet cara ini efektif walau tak semua orang memakai internet tapi cara ini cukup memberikan informasi yang lebih kepada orang karena saat ini orang banyak membuka internet seperti facebook, twetter, yahoo, google dan lain - lain, tak ada salahnya bila dicoba.
- Melalui iklan radio, cara ini cukup lumayan walau tak ada gambar visual yang dapat terlihat tapi setidaknya pesannya dapat tersampaikan kepada masyarakat.
F.
PERHITUNGAN
MODAL DAN HARGA JUAL
1. Modal lancar =Rp.500.0000 ,-per hari
Dalam satu bulan memproduksi 20 X jadi modal satu bulan adalah
Rp.500.000,- X 20 =Rp.10.000.000,-
2. Modal investasi
Peralatan produksi = Rp.1.000.000,-
3. Biaya Produksi
Satu hari produksi
Harga 1 ikat bayam Rp.2.000,-
Harga 1 kg minyak Rp10.000,-
|
Bahan baku
|
Harga
|
|
Bayam 100 Ikat
Minyak
Bumbu
Pembungkus
Promosi
Transport
Gaji karyawan
2 orang
Lain lain
|
Rp.200.000,-
Rp.100.000,-
Rp. 20.000,-
Rp. 10.000,-
Rp.
5.000,-(hanya bulan pertama)
Rp. 20.000,-
Rp.100.000,-
Rp.45.000,-
|
|
Jumlah
|
Rp.500.000,-
|
|
|
|
4.Penetapan
harga
Modal lancar x 150%
Rp.500.000,- x
150% = Rp.750.000,-
|
Bayam
|
jumlah
bungkus
|
harga/bungkus
|
total
|
|
Balado
|
25
|
Rp.11.000,-
|
Rp.275.000,-
|
|
Pedas
|
25
|
Rp.11.000,-
|
Rp.275.000,-
|
|
Original
|
20
|
Rp.10.000,-
|
Rp.200.000,-
|
|
Jumlah
|
Rp.750.000,-
|
||
G.
PEHITUNGAN
RUGI/LABA
Modal lancar x 150%
Rp.500.000,- x
150% = Rp.750.000,-
Penjualan /bulan
= 20 X Rp.750.000,- =
Rp.15.000.000,-
Modal lancar = 20X Rp.500.000,- =
Rp.10.000.000,- (-)
Rp. 5.000.000,-
Modal investasi =
Rp. 1.000.000,- (-)
Laba bersih =Rp. 4.000.000,-
H.
ANALISA
KEUNTUNGAN
Untuk
menganalisa keuntunagan baik buruknya suatu perusahaan atau maju mundurnya
perusahaan yang kita jalani akan terlihat, namun saya menganalisis saya harus
optimis kemungkinan besar keuntungan yang saya dapatkan dapat di lihat sebagai
berikut :
|
Laba /bulan
Laba /tahun
Laba /5 tahun
|
= Rp. 4.000.000,-
= Rp. 48.000.000,-
= Rp 2.480.000.000,-
|
I.
KESIMPULAN
Dari beberapa
uraian sebelumnya kini penulis dapat menyimpulkan. Tujuan yang paling utamanya
adalah di balik Berbisnis juga beramal.
Analisa
peluang usaha, perhitungan modal dan penetapan harga jual, perhitungan
rugi/laba dan terakhir analisa keuntungan sangatlah penting dan berpengaruh
terhadap baik buruknya suatu bisnis atau naik turunnya perusahaan yang kita
jalani ini akan trlihat.
Demikianlah
yang saya dapat sampaikan semoga dapat bermanfaat untuk kedepannya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar